Merawat Bagian Penting Motor Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Hal ini tentu membawa masalah tersendiri bagi pengguna motor. Motor kini terancam menghadapi medan dengan percikan air maupun lumpur. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah sektor kabel bodi, mika spidometer, reflector lampu dan boks filter karburator. Perlu langkah khusus untuk merawatnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mika spidometer & reflektor lampu merupakan bagian mika yang jika tidak rapat dapat menimbulkan embun dan mengganggu penglihatan. Paling parah di bagian reflector lampu. Sebab kalau sampai ada air yang menyelinap, hal itu bisa bikin reflector jadi kusam dan menimbulkan jamur yang akhirnya bikin lampu jadi gak terang. Untuk menghindari hal tersebut, tutup bagian sambungan mika reflector yang retak atau terbuka dengan menggunakan sealent. Selain untuk mencegah air masuk, hal itu juga bisa meminimalisir bunyi getaran yang dihasilkan mika lampu dan spidometer.

2. Filter karburator berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke karburator. Prinsipnya hampir sama dengan mika reflector mengingat hampir semua boks filter terbelah dalam dua bagian. Pada salah satu bagian boks filter itu dilengkapi semacam paking karet. Kalau peranti itu sudah getas atau rusak, air dan debu sangat berpotensi nyelinap ke dalam boks filter. Untuk mengatasinya, tambahkan seal­ent pada kedua sisi permukaan boks filter yang saling bersentuhan secukupnya. Selain itu, bila boks filter retak atau pecah sebaiknya bagian yang pecah ditambal lem plastik seperti Dextone.

3. Kabel bodi lebih khusus untuk pengguna tunggangan bergenre sport,. Golongan ini harus lebih cermat dengan kabel-kabel bodi karena risiko terkena air dan korslet lebih besar dari bebek atau skutik. Motor sport terkenal minim cover bodi. Perhatikan kabel bodi yang telanjang dan kabel yang masuk ke soket-soket. Sebab, kalau kulit kabel tak menyelimuti peranti itu secara utuh, dapat menyebabkan korsleting. Efeknya banyak, mulai dari mesin mbrebet, lampu ogah menyala sampai mesin mati total.

Untuk mengatasinya, lapisi seluruh soket-soket dan kabel yang terbuka memanfaatkan isolasi hitam. Selain itu perhatikan juga bagian cop busi. Kalau bagian itu tidak kuat menutup bagian busi, bisa membuat motor ngadat. Jika hal ini terjadi, berikan lem sealent pada bagian cop busi yang bersentuhan langsung dengan busi.[sssb]

http://solusimobil.com

Comments :

0 comments to “Merawat Bagian Penting Motor Saat Musim Hujan”

Post a Comment